Manusia dan Lingkungan: Kunci Atasi Masalah Kesehatan Lingkungan

Manusia dan lingkungan. Inilah dua kata yang saling berhubungan. Dari aktivitas keduanya, permasalahan kesehatan lingkungan muncul silih berganti dalam hidup masyarakat Indonesia. Begitu pun sebaliknya, kalau kita analisis dari aktivitas manusia dan lingkungan itu merupakan dua hal yang sangat menentukan dalam mengatasi masalah kesehatan lingkungan.

In SANITARIANAtas dasar pemikiran tersebut, buku ini hadir dalam memberi sumbangsih pola pikir dalam mengatasi permasalahan kesehatan lingkungan yang semakin kompleks. Apalagi, aktivitas manusia yang serakah akan memberi efek buruk pada lingkungan dengan cara mencemari air yang kita minum, udara yang kita hirup, dan tanah tempat tumbuh-tumbuhan. 

Buku yang sedang Anda pegang dan baca ini diberi judul: ”Manusia dan Lingkungan: Kunci Atasi Masalah Kesehatan Lingkungan.” Sebuah buku bunga rampai dari para pendidik, peneliti, mahasiswa, dan teknisi yang membahas masalah dan solusi kesehatan lingkungan. Gaya bahasa tulisan dalam tiap bagiannya sengaja dikemas secara populer agar enak dibaca dan mengalir dinikmati. Walaupun diyakini bahwa isi tulisan tersebut adalah merupakan karya tulis yang bersifat ilmiah, sehingga pada akhir tiap tulisan kami sertakan daftar pustakanya.

Pada bagian prolog buku ini, berisi: Potret Masalah Kesehatan Lingkungan. Kita tahu bersama, munculnya permasalahan lingkungan, sadar atau tidak, sejatinya akibat tabiat ciri-ciri manusia sebagai makhluk ekonomi. Mulai dari faktor alam dan sifat manusianya sendiri yang serakah. Tidak menjaga tatanan lingkungan hidup yang dijadikan sebagai tempat tinggalnya.

Tulisan kedua, bercerita seputar materi: Mitigasi Hidrologi Upaya Atasi Banjir Bandang. Tulisan ini memberi informasi bahwa upaya mitigasi hidrologi vegetatif dapat dilakukan dengan sistem reboisasi dan agroforestri, peta dan prediksi banjir. Secara nonteknis, upaya mitigasi bencana hidrologi dapat dilakukan dengan kebijakan hukum, penegakan hukum, pembuatan peta dan prediksi kekeringan serta sosialisasi peraturan perundang-undangan.

A Group Member of:
Toko SosmedWWW.ARDADINATA.COMWWW.ARDADINATA.COMInSanitarianMIQRA INDONESIA
3 Comments

Tinggalkan Balasan

error: