Dasar KeslingInfo KesehatanInspirasi SanitarianKesehatan LingkunganOpiniPromkes

Pelayanan Kesehatan Lingkungan di Puskesmas

Adapun langkah yang dilakukan petugas Sanitarian, diantaranya berupa:

  • Melakukan pengamatan dan pemeriksaan langsung di masyarakat sasaran. Dalam melakukan kunjungan rumah, petugas sanitasi seyogyanya memberitahukan kunjungan kepada perangkat desa/kelurahan (kepala desa/lurah, sekretaris, kepala dusun atau ketua RT/RW) atau tokoh masyarakat setempat.
  • Petugas Sanitarian sedapat mungkin mengikutsertakan kader kesehatan lingkungan dan petugas kesehatan di desa/kelurahan. Hal ini dilakukan, di samping untuk keterpaduan kegiatan, keterlibatan petugas kesehatan di desa/kelurahan bermanfaat untuk tindak lanjut keadaan penyakit penderita ke depannya.
  • Tenaga kesehatan lingkungan ini bisa mengambil keputusan dan menyimpulkan permasalahan lingkungan dan perilaku yang berkaitan dengan kejadian penyakit atau masalah yang dihadapi klien.
  • Petugas Sanitarian, bahkan tidak saja memberi kesimpulan hasil pengamatannya. Ia juga memberikan saran tindak lanjut terhadap penyelesaian permasalahan lingkungan dan perilaku yang dihadapi masyarakat.
  • Jangan lupa petugas Sanitarian memberikan bimbingan teknis kepada masyarakat yang membutuhkan.

Pada akhirnya, bila hasil temuan terkait permasalahan kesehatan lingkungan tersebut menyangkut sekelompok keluarga atau kampung, maka hasil temuan tersebut harus disampaikan kepada perangkat desa (kepala desa/lurah, sekretaris, kepala dusun atau ketua RT/RW), tokoh masyarakat, dan kader kesehatan lingkungan. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk membangun masyarakat yang berperan aktif menyelesaikan permasalahan kesehatan lingkungan yang dirasakan masyarakat.

Bahkan, pada konteks yang lebih luas, petugas klinik sanitasi (Sanitarian) dapat membawa permasalahan tersebut ke forum masyarakat yang lebih besar. Misalnya, pada pertemuan masyarakat desa dan pertemuan lintas sektor di tingkat kecamatan.

Hal tersebut dilakukan, tidak lain dalam upaya untuk mendapatkan dukungan penyelesaian masalah kesehatan lingkungan dari para pimpinan di level kecamatan. Tepatnya, dukungan anggaran bidang kesehatan lingkungan dan membangun peran serta masyarakat dan sektor terkait.

BACA JUGA:  Program Sanitasi Perdesaan Padat Karya

Semoga informasi ini bermanfaat. Saya nantikan tanggapannya, dan silahkan di share agar bermanfaat untuk sebanyak orang! Salam sehat dan sukses selalu. Aamiin.***

❤oOo❤_

Untuk mendapatkan update tentang informasi terbaru dari www.Insanitarian.com, silahkan ikuti kami lewat media sosial di bawah ini:

Instagram: https://www.instagram.com/arda.dinata/

Facebook: https://web.facebook.com/Inspirasiarda

Anda tidak ingin ketinggalan informasi dari leman website In SANITARIAN INDONESIA di  https://insanitarian.com/! Caranya klik whatsApp di bawah ini:

Silakan share informasi ini agar nilai manfaatnya bisa dirasakan para pembaca lainnya. Oke, saya tunggu juga tanggapannya di kolom komentar ya!

_❤oOo❤_

Arda Dinata, adalah kolomnis tetap di Sanitarian Indonesia (http://insanitarian.com). Aktivitas hariannya sebagai peneliti, sanitarian, dan penanggungjawab Laboratorium Kesehatan Lingkungan, tinggal di Pangandaran.

_❤oOo❤_

Nikmati tulisan lainnya di sini yang sesuai kategori:

Arda Dinata adalah Penulis buku Strategi Produktif Menulis dan penulis kolom di

https://insanitarian.com/ ,

http://www.produktifmenulis.com,

https://ardadinata.com/, dan

https://www.miqraindonesia.com/

Arda Dinata

*Arda Dinata, adalah kolomnis tetap di Sanitarian Indonesia (http://insanitarian.com). Aktivitas hariannya sebagai peneliti, sanitarian, dan penanggungjawab Laboratorium Kesehatan Lingkungan, tinggal di Pangandaran.

One thought on “Pelayanan Kesehatan Lingkungan di Puskesmas

Tinggalkan Balasan

error: