Majalah InsideOpini

Sampah Harus Dikelola, Why?

Sampah harus dikelola, why?

Kemajuan ilmu dan teknologi sebagai hasil cipta dan karya budaya manusia telah mampu menempatkan makna kerja di dalam tatanan kehidupan yang semakin penting.

Oleh: Andri Ruliansyah

Kemajuan ilmu dan teknologi sebagai hasil cipta dan karya budaya manusia telah mampu menempatkan makna kerja di dalam tatanan kehidupan yang semakin penting. Pada hakekatnya semakin tinggi kebudayaan masyarakat, akan semakin beranekaragam katagori, jenis maupun intensitas kerja dengan segala permasalahannya.

Seperti telah diduga oleh para ahli sebelumnya, dampak dari pesatnya kemajuan IPTEK ternyata sejalan meningkatnya produktifitas mutu barang dan pendapatan perkapita. Namun, hal ini tak lepas pula dari meningkatnya juga bahan buangan atau limbah.

Dimana jenis limbah buangan makin kompleks dan pada akhirnya harus dibuang ke lingkungan sekitar. Lingkungan harus menerima limbah, baik kuantitas maupun keragaman limbah.

Sampah harus dikelola, why?

Sampah adalah salah satu jenis limbah yang setiap hari terus diproduksi baik rumah tangga ataupun dari kegiatan-kegiatan sektor lainnya. Sampah ini merupakan bahan material yang sudah tidak digunakan, dimana kehadirannya pada lingkungan akan menimbulkan masalah yang rumit terutama di kota-kota besar.

Sebagaimana kita ketahui bahwa penanganan persampahan akan semakin kompleks sejalan dengan berkembangnya budaya masyarakat di kota/daerah tersebut. Seperti persoalan sampah di Kota dan Kabupaten di sekitar  Bandung Raya, penanganan sampah di kota polis berbeda dengan metropolis, berbeda pula dengan kota megapolis.

Masyarakat metropolis atau megapolis memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji, sehingga akan menimbulkan sampah anorganik yang berlimpah. Berbeda dengan kota-kota polis, masyarakat masih banyak mengonsumsi bahan makanan dari alam, sehingga sampah yang ditimbulkan tidak sebanyak metro atau megapolis.

BACA JUGA:  Pemulihan Sumber Daya Kotoran Manusia

Sampah harus dikelola, why?

Oleh karena itu, penanganan sampah merupakan hal yang sangat kompleks karena tidak saja menyangkut masalah teknis tetapi juga masalah kelembagaan, dukungan biaya, dukungan pemerintah, dan peran serta masyarakat yang terkait erat satu dengan lainnya. Berangkat dari hal tersebut di atas, untuk menyelesaikan permasalahan sampah ini harus dilakukan melalui peran serta masyarakat secara aktif. Sistem manajemen persampahannya pun merupakan sistem manajemen yang berbasis pada masyarakat yang dimulai dari pengelolaan sampah di tingkat rumah tangga.

admin

www.insanitarian.com adalah Situs Nasional Seputar Dunia Kesehatan, Hygiene, Sanitasi, dan Kesehatan Lingkungan (Sumber Inspirasi & Referensi Dunia Kesehatan, Sanitasi Lingkungan, Entomologi, Mikrobiologi Kesehatan, dll.) yang dikelola secara profesional oleh Arda Publishing House. Redaksi dengan senang hati menerima kiriman tulisan ilmiah dengan gaya penulisan secara populer. Panjang tulisan antara 8.000 -10.000 karakter.

One thought on “Sampah Harus Dikelola, Why?

Tinggalkan Balasan

error: