BiokimiaInfo KesehatanKesehatan LingkunganOpiniSanitasi Makanan

Nutrisi Gaya Hidup Sehat

Inilah nutrisi gaya hidup sehat! Kunci dari pemenuhan kebutuhan nutrisi yang baik adalah keseimbangan dan kesesuaian asupan dengan kebutuhan individual kita. Di sini, patut dicatat kalau tubuh kita itu sesungguhnya memerlukan keseimbangan karbohidrat, lemak dan protein. Jadi, ketiga komponen itulah yang sesungguhnya merupakan komponen dasar dari nutrisi.

Oleh: Arda Dinata

In SANITARIAN – Apapentingnya nutrisi bagi tubuh manusia, termasuk Anda kaum wanita? Kebanyakan orang pasti tahu jawabannya. Ya betul, keberadaan nutrisi ini dalam tubuh manusia tidak disangsikan lagi memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Tapi, masalahnya adalah berapa banyak orang yang benar-benar memerhatikan keseimbangan asupan nutrisinya?

Di sini, kesadaran akan pentingnya nutrisi semakin diperlukan. Yaitu saat di mana kita tahu bahwa sebagian besar pembunuh utama manusia adalah penyakit berhubungan dengan apa yang kita makan. Mulai dari penyakit jantung, stroke, kencing manis, kanker dan lainnya.

Kita pun tidak menyangsikan kalau hal itu tidak disebabkan oleh faktor nutrisi semata. Banyak faktor lain yang ikut berperan dalam menyebabkan munculnya berbagai penyakit tersebut. Walau demikian, hendaknya kita tidak lupa untuk menempatkan nutrisi sebagai bagian penting dari gaya hidup sehat. Seperti halnya, olah raga teratur, menghindari stres, tidak merokok dan hindari alkohol adalah hal lain yang tidak boleh dilupakan.

Lantas, bagaimana dengan faktor keturunan? Memang faktor keturunan adalah “cetak biru” yang tidak bisa dihindari. Namun demikian, hal itu bukanlah harga mati. Buktinya, banyak orang yang mempunyai gen terhadap suatu penyakit tertentu tetapi tidak bermanifestasi karena gaya hidup yang baik. Misalnya, orang tua Anda menderita penyakit jantung dan Anda memiliki gen yang mempermudah terjadinya pengerasan pembuluh darah. Jadi, pokoknya Anda janganlah sedih berlebihan.

BACA JUGA:  Sekolah Sehat, Covid-19 Terusir

Artinya, dengan menyadari hal tersebut, Anda justru bisa bersiap diri. Hindari konsumsi lemak jenuh secara berlebih, perbanyak asupan gizi nabati, olah raga secara teratur, hindari rokok dan alkohol, maka proses penyakit pun bisa tertahan. Pokoknya, banyak penyakit bisa dicegah prosesnya dengan gaya hidup yang baik. Dan nutrisi yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan Anda adalah bagian penting dari gaya hidup tersebut.

Pada konteks ini, secara umum dapatlah dikatakan bahwa setiap orang, mulai dari bayi yang baru lahir sampai mereka yang sudah berusia lanjut punya kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda. Begitu juga dengan pria dan wanita pun kebutuhannya berbeda-beda. Bahkan antara wanita remaja, dewasa, hamil dan menyusui pun juga berbeda. Jadi, apa dong yang menjadi dasar pemilihan nutrisi yang kita konsumsi?

Kunci dari pemenuhan kebutuhan nutrisi yang baik adalah keseimbangan dan kesesuaian asupan dengan kebutuhan individual kita. Di sini, patut dicatat kalau tubuh kita itu sesungguhnya memerlukan keseimbangan karbohidrat, lemak dan protein. Jadi, ketiga komponen itulah yang sesungguhnya merupakan komponen dasar dari nutrisi.

Namun yang perlu diingat bahwa selain ketiga hal tersebut, tubuh kita juga memerlukan asupan vitamin, mineral dan berbagai komponen lain. Asupan ini tentu saja tidak dapat kita peroleh hanya dari satu sumber makanan saja. Karena itu, variasi dalam makanan yang kita konsumsi sangat berperan penting. Jangan tanyakan makanan apa yang terbaik bagi kesehatan, sebab tidak ada satu jenis makanan pun (dalam bentuk tunggal) yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi kita secara baik dan seimbang.

Dalam arti lain, selain kualitas, kita juga tidak boleh melupakan masalah kuantitas. Buktinya, makanan yang mempunyai kandungan nutrisi baik tapi dikonsumsi secara berlebihan setiap harinya bisa membawa akibat jelek. Atau sebaliknya, makanan yang bermutu tinggi itu hanya dikomsumsi dalam jumlah yang sangat sedikit (tidak adekuat), hasilnya pun tidak bisa diharapkan. Karena itu, mari kita jaga keseimbangan asupan nutrisi dengan benar, baik secara kualitas maupun kuantitas agar kesehatan kita bisa lebih terjaga.

BACA JUGA:  Wabah Cacar Monyet

Nutrisi Penyembuhan

Keberadaan manfaat nutrisi ini sangat terasa sekali bagi mereka yang menderita sakit. Kita tahu, bagi orang sakit kebutuhan nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk memulihkan kondisi lemah tubuhnya. Lagi pula dari banyak kasus, kita mengetahui ternyata tidak sedikit orang-orang yang tengah atau baru menderita sakit parah mengalami keadaan malnutrisi (kekurangan zat gizi).

Kondisi malnutrisi ini membuat daya tahan tubuh penderita menurun, sehingga dapat memperlambat proses penyembuhan. Oleh karena itu, dukungan nutrisi pada orang yang sedang atau baru sakit sangat diperlukan.

Berdasarkan dari berbagai penelitian membuktikan bahwa terapi nutrisi sedini mungkin akan membantu meningkatkan fungsi pertahanan tubuh pada saluran pencernaan. Sehari-harinya, saluran pencernaan merupakan organ yang bertanggung jawab pada proses cerna makanan, absorpsi zat gizi, dan proses pengontrolan metabolisme zat gizi. Mukosa saluran cerna yang utuh merupakan pelindung untuk mencegah masuknya kuman penyakit atau mikroorganisme merugikan (patogen) ke dalam sirkulasi darah.

Pada keadaan malnutrisi, starvasi akibat puasa, atau penggunaan obat-obatan seperti antibiotik dalam jangka waktu lama akan menyebabkan defisiensi mikroflora dalam tubuh, bahkan terjadi pemusnahan bakteri laktobasilus yang bermanfaat. Hal ini menyebabkan meningkatnya mikroorganisme potensial patogen (MPP), dan mengubah ekosistem saluran cerna yang normal.

Faktor lainnya yaitu adanya pertumbuhan bakteri merugikan yang disebabkan oleh penggunaan antibiotik dalam waktu cukup lama. Dalam keadaan ini, bakteri yang jumlahnya kecil masih dapat dikontrol oleh daya imun dari tubuh.

Namun, bila pertumbuhan bakteri terus terjadi seiring dengan menurunnya daya tahan tubuh akibat malnutrisi, maka keadaan ini akan menyebabkan terjadinya peningkatan perpindahan bakteri ke sistem sirkulasi darah. Akibatnya, keadaan bisa bertambah parah.

Arda Dinata

*Arda Dinata, adalah kolomnis tetap di Sanitarian Indonesia (http://insanitarian.com). Aktivitas hariannya sebagai peneliti, sanitarian, dan penanggungjawab Laboratorium Kesehatan Lingkungan, tinggal di Pangandaran.

Tinggalkan Balasan

error: