Jabatan Fungsional Tenaga Sanitasi Lingkungan (TSL)

Jabatan Fungsional Tenaga Sanitasi Lingkungan (TSL) ini sebagai pengganti dari istilah jabatan fungsional Sanitarian sebelumnya. Hal ini didasarkan pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 71 Tahun 2021 tentang Jabatan Fungsional Tenaga Sanitasi Lingkungan.

Oleh: Arda Dinata

InSANITARIANPembenahan birokasi aparatur pemerintahan berimbas juga pada pembenahan aturan Jabatan Fungsional Tenaga Sanitasi Lingkungan (TSL). Di mana, jabatan fungsional ini sebelumnya bernama Jabatan Fungsional Sanitarian.

Berikut ini, teman-teman Sanitarian dan lulusan Kesehatan Lingkungan harus mengetahui tentang aturan baru tersebut. Bahasan kali ini mencoba mengurai hal-hal penting terkait Jabatan Fungsional Tenaga Sanitasi Lingkungan dengan Angka Kredit, Tunjangan dan Kelas Jabatannya.

Selamat membaca uraian terkait Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 71 Tahun 2021 mengatur tentang Jabatan Fungsional Tenaga Sanitasi Lingkungan. Semoga informasi ini bermanfaat!

Dalam amanat peraturan tersebut, disebutkan bahwa untuk pengembangan karier dan peningkatan profesionalisme pegawai negeri sipil yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang di bidang kesehatan lingkungan, serta untuk meningkatkan kinerja organisasi, maka perlu mengatur Jabatan Fungsional Tenaga Sanitasi Lingkungan. Jabatan Fungsional Tenaga Sanitasi Lingkungan adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan pelayanan di bidang kesehatan lingkungan pada instansi pemerintah. 

Siapa yang menjabat sebagai Pejabat Fungsional TSL tersebut? Pejabat Fungsional Tenaga Sanitasi Lingkungan yang selanjutnya disebut Tenaga Sanitasi Lingkungan adalah PNS yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan pelayanan di bidang kesehatan lingkungan pada instansi pemerintah. 

Lalu, apa saja lahan pelayanan kesehatan lingkungan itu? Adapun pelayanan kesehatan lingkungan itu meliputi upaya penyehatan media lingkungan; pengamanan limbah, sampah, zat kimia berbahaya, pestisida, dan radiasi; pengendalian faktor risiko lingkungan vektor dan binatang pembawa penyakit; penyelenggaraan kesehatan lingkungan dalam keadaan tertentu; serta manajemen kesehatan lingkungan. 

Jabatan Fungsional Tenaga Sanitasi Lingkungan (TSL)
Ilustrasi: pelayanan kesehatan lingkungan itu meliputi upaya penyehatan media lingkungan; pengamanan limbah, sampah, zat kimia berbahaya, pestisida, dan radiasi; pengendalian faktor risiko lingkungan vektor dan binatang pembawa penyakit; penyelenggaraan kesehatan lingkungan dalam keadaan tertentu; serta manajemen kesehatan lingkungan. 

Selanjutnya, fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) itu adalah suatu alat dan/atau tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan, baik promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif yang dilakukan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan/atau masyarakat.

BACA JUGA:  Filosofi PHBS, Sanitasi dan Memutus Penularan Penyakit

Bebebrapa batasan seperti itulah yang harus dipahami betul oleh tiap Tenaga Sanitasi Lingkungan (TSL) dalam melaksanakan tugasnya. Dengan memahami hal itu, setiap TSL dapat lebih maksimal dalam melaksanakan tugasnya.

Kedudukan Jabatan Fungsional Tenaga Sanitasi Lingkungan

Tenaga Sanitasi Lingkungan berkedudukan sebagai pelaksana teknis fungsional di bidang kesehatan lingkungan pada instansi pemerintah.  

Tenaga Sanitasi Lingkungan berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab secara langsung kepada pejabat pimpinan tinggi madya, pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, atau pejabat pengawas yang memiliki keterkaitan dengan pelaksanaan tugas Jabatan Fungsional Tenaga Sanitasi Lingkungan. 

Kedudukan Tenaga Sanitasi Lingkungan ditetapkan dalam peta jabatan berdasarkan analisis tugas dan fungsi unit kerja, analisis jabatan, dan analisis beban kerja dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Jabatan Fungsional Tenaga Sanitasi Lingkungan merupakan jabatan karier PNS. Jabatan Fungsional Tenaga Sanitasi Lingkungan termasuk dalam klasifikasi/rumpun kesehatan.

Jenjang Jabatan Fungsional Tenaga Sanitasi Lingkungan

Jabatan Fungsional Tenaga Sanitasi Lingkungan merupakan jabatan fungsional kategori keterampilan dan kategori keahlian. 

Jenjang Jabatan Fungsional Tenaga Sanitasi Lingkungan kategori keterampilan dari jenjang terendah sampai dengan jenjang tertinggi terdiri atas: 

  1. Tenaga Sanitasi Lingkungan Terampil; 
  2. Tenaga Sanitasi Lingkungan Mahir; dan 
  3. Tenaga Sanitasi Lingkungan Penyelia.

Jenjang Jabatan Fungsional Tenaga Sanitasi Lingkungan kategori keahlian dari jenjang terendah sampai dengan jenjang tertinggi, terdiri atas: 

  1. Tenaga Sanitasi Lingkungan Ahli Pertama; 
  2. Tenaga Sanitasi Lingkungan Ahli Muda; 
  3. Tenaga Sanitasi Lingkungan Ahli Madya; dan 
  4. Tenaga Sanitasi Lingkungan Ahli Utama.

Tugas, Unsur, dan Sub Unsur Kegiatan Jabatan Fungsional Tenaga Sanitasi Lingkungan

Tugas Jabatan Fungsional Tenaga Sanitasi Lingkungan yaitu melakukan pelayanan kesehatan lingkungan melalui upaya penyehatan media lingkungan; pengamanan limbah, sampah, zat kimia berbahaya, pestisida, dan radiasi; pengendalian faktor risiko lingkungan vektor dan binatang pembawa penyakit; penyelenggaraan kesehatan lingkungan dalam keadaan tertentu; serta manajemen kesehatan lingkungan.

BACA JUGA:  Kumpulan Peraturan Covid 19 Terlengkap di Indonesia

Unsur kegiatan tugas Jabatan Fungsional Tenaga Sanitasi Lingkungan yang dapat dinilai angka kreditnya yaitu pelayanan kesehatan lingkungan, yang terdiri atas sub-unsur: 

A Group Member of:
Toko SosmedWWW.ARDADINATA.COMWWW.ARDADINATA.COMInSanitarianMIQRA INDONESIA

Tinggalkan Balasan

error: