Inspirasi SanitarianKesehatan LingkunganPengembangan Profesi

Instrumen Portofolio Jabatan Fungsional Sanitarian Penyelia

Instrumen portofolio jabatan fungsional Sanitarian Penyelia ini harus dipersiapkan oleh jenjang tenaga Sanitarian Penyelia yang akan mengampu jenjang jabatan fungsional Sanitarian Ahli Pertama. Dokumen apa saja yang harus dipersiapkan untuk isian instrumen portofolio jabatan fungsional Sanitarian Penyelia itu? Baca uraian artikel sampai selesai ya!

Oleh: Arda Dinata

In SANITARIAN – Jabatan Fungsional Sanitarian atau Tenaga Sanitasi Lingkungan (TSL) merupakan jabatan yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggungjawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan pelayanan di bidang kesehatan lingkungan pada instansi pemerintah. Untuk rincian kompetensinya dapat dibaca pada link ini: standar kompetensi tenaga sanitarian.

Standar kompetensi tersebut memuat deskripsi pengetahuan, ketrampilan, dan perilaku yang diperlukan oleh seorang Tenaga Sanitasi Lingkungan atau Sanitarian dalam melaksanakan tugas jabatannya. Dan untuk mereka yang akan menaiki jenjang berikutnya harus melakukan uji kompetensi teknis, manajerial dan sosial-kultural dari Sanitarian atau TSL dalam melaksanakan tugas dan fungsi dalam jabatannya.

Proses uji dan penilaian tersebut, tentu ada dokumen yang harus disesuaikan dengan instrumen portofolio sesuai dengan jabatan fungsional Sanitarian atau TSL yang diampunya. Hal ini dijadikan sebagai dasar penilaian lewat isian instrumen portofolio sesuai jenjangnya.

Dengan arti lain, instrumen portofolio ini digunakan sebagai instrumen penilaian atau salah satu komponen dari instrumen penilaian untuk menilai kompetensi jabatan fungsional tertentu, termasuk jabatan fungsional Sanitarian atau Tenaga Sanitasi Lingkungan (TSL). Jadi, penyiapan dokumen instrumen portofolio ini sangat penting untuk mereka yang akan naik jenjang ke lebih tinggi.

Untuk itu, instrumen portofolio jabatan fungsional Sanitarian Penyelia ini harus dipersiapkan oleh jenjang tenaga Sanitarian Penyelia yang akan mengampu jenjang jabatan fungsional Sanitarian Ahli Pertama. Lalu, dokumen apa saja yang harus dipersiapkan untuk isian instrumen portofolio jabatan fungsional Sanitarian Penyelia itu? Baca uraian artikel sampai selesai ya!

BACA JUGA:  Sumber Infeksi dan Transmisi Leptospirosis

Portofolio Sanitarian Penyelia

Ada beberapa butir kegiatan yang ada dalam penilaian isi portofolio Sanitarian Penyelia. Masing-masing butir tersebut merupakan target kompetensi yang dilakukan dalam 2 tahun terakhir yang belum dinilai dan minimal tiap butirnya itu memiliki 2 buah dokumen kegiatan.

Butir-butir kegiatan jenjang fungsional Sanitarian ini disesuaikan dengan instansi tempat kerjanya yang diampu. Apakah di Kementerian Kesehatan, Puskesmas, Rumah Sakit, Dinkes Provinsi, Dinkes Kabupaten/Kota, B-BBTKLPP, KKP. Labkes/Labkesda, Balai Kesehatan Masyarakat (BKOM, BKMM, BKPM, dll), atau instansi lainnya.

Berikut ini butir-butir kegiatan instrumen portofolio bagi jenjang Sanitarian Penyelia untuk menuju jenjang yang akan diampu adalah Sanitarian Ahli Pertama. Pertama, butir kegiatan komponen utama (80%) yang harus disiapkan, diantaranya yaitu:

  1. Menyusun rancangan rencana lima tahunan
  2. Menyajikan rancangan rencana lima tahunan
  3. Menyusun TOR rencana kegiatan tahunan
  4. Menyusun rancangan petunjuk pelaksanaan/petunjuk teknis
  5. Melaksanakan studi kelayakan, dan mengolah data studi kelayakan
  6. Melakukan pemeriksaan secara canggih pada objek kelompok II
  7. Mengambil sampel secara canggih pada objek kelompok II
  8. Melakukan kunjungan/bimbingan teknis
  9. Melakukan pemberdayaan masyarakat
  10. Menyususn instrumen pengumpulan data secara primer untuk pengamatan kesehatan lingkungan
  11. Melakukan kajian data secara deskriptif (sederhana) untuk pengamatan kesehatan lingkungan.

Kedua, butir kegiatan komponen tambahan (20%) yang harus disiapkan dan sifatnya tidak wajib, diantaranya berupa:

  1. Mengikuti pelatihan atau sebagai nara sumber
  2. Menerima penghargaan dalam bidang kesehatan lingkungan.

Semua isian portofolio tersebut harus dibuktikan dan disertakan dengan dokumennya agar dapat dinilai. Sebagai informasi tambahan Sanitarian minimal melaksanakan 4 butir kegiatan.

Arda Dinata

*Arda Dinata, adalah kolomnis tetap di Sanitarian Indonesia (http://insanitarian.com). Aktivitas hariannya sebagai peneliti, sanitarian, dan penanggungjawab Laboratorium Kesehatan Lingkungan, tinggal di Pangandaran.

One thought on “Instrumen Portofolio Jabatan Fungsional Sanitarian Penyelia

  • I do trust all the ideas you’ve presented in your post. They are really convincing and will definitely work. Nonetheless, the posts are too short for newbies. May just you please lengthen them a bit from next time? Thank you for the post.

    Balas

Tinggalkan Balasan

error: