Info KesehatanJurnal Kesehatan LingkunganKesehatan Lingkungan

Daftar Artikel Kesehatan

Daftar artikel kesehatan untuk Anda!

Jangan Jadikan Mereka Korban (Antara Balita, Pneumonia dan Asap Rokok)

Kehadiran buah hati merupakan hal yang paling membahagiakan bagi orang tua.  Banyak hal dilakukan untuk mempersiapkan tumbuh kembang yang terbaik untuk sang buah hati, salah satunya adalah menjaga si kecil terhindar dari penyakit. Salah satu penyakit yang banyak menyerang balita di Indonesia adalah batuk, baik batuk ringan maupun batuk sistem pernapasan bawah. Pada kondisi batuk ringan, pengobatan tidak memerlukan waktu yang lama. Namun untuk batuk yang mengindikasikan masalah sistem pernapasan bawah seperti Bronkhitis, TBC, dan Pneumonia, pengobatannya membutuhkan waktu lama dan dibawah pengawasan tenaga medis.

Dampak Rokok Terhadap Ekonomi Keluarga

Indonesia, pada tahun 2018 merupakan pangsa pasar rokok terbesar kedua di dunia. Hanya kalah dari Tiongkok yang memiliki volume penjualan retail rokok mencapai 2,35 triliun batang, sedangkan di Indonesia mencapai 316,1 miliar batang. Diurutan ketiga ada Rusia, diikuti Amerika Serikat yang berada diurutan keempat serta Jepang menyusul diurutan kelima. Indonesia dianggap anak emas bagi industri tembakau karena memiliki 65 juta perokok dan sepanjang tahun 2015-2020 penjualan rokok di Indonesia tumbuh dua digit setiap tahunnya.

Peran SDM Kesehatan Dalam Menerapkan Kawasan Tanpa Rokok

Pelaksanaan kebijakan KTR tidak terlepas dari komitmen kepala daerah. Bentuk komitmen itu terlihat dari kegiatan pemantauan secara rutin serta pemberian sanksi kepada warga yang tidak mengindahkan peraturan tersebut. Sebagai contoh di Kota Padang Panjang, penerapan KTR ini sudah melarang adanya iklan rokok di sepanjang kota.

VAPE, Rokok Masa Kini Yang Menghancurkan Masa Depan

VAPE, yang kemudian menjadi nama populer dari rokok elektrik sejatinya adalah sebuah bentuk inovasi. Perangkat dan cara baru dalam merokok ini terdiri dari 3 komponen utama, yaitu baterai, elemen pemanas dan tabung berisi cairan (liquid).

Inilah daftar artikel kesehatan:

Memelihara Toxorhynchites, Sang Predator Jentik Nyamuk

BACA JUGA:  Surveilans Kualitas Tanah: Menjaga Jantung Bumi untuk Generasi Masa Depan

Apa itu Toxorhynchites? Makhluk hidup ini termasuk dalam kelas insekta (serangga); ordo Diptera; dan famili Culicidae. Jadi, Toxorhynchites adalah nyamuk, sama seperti nyamuk Aedes atau Culex.

Peran Keluarga Dalam Mengatasi Stigma Terhadap ODGJ di Jawa Barat

Kondisi kesehatan jiwa di Jawa Barat sangat memprihatinkan. Perbandingannya adalah 1 dari 10 orang warga Jabar memiliki masalah kejiwaan. Potensi kesakitan dan kematian ODGJ yang tinggi serta kekerasan terhadap ODGJ seperti pemasungan kerap muncul.

SAMPAH HARUS DIKELOLA,  WHY?

Kemajuan ilmu dan teknologi sebagai hasil cipta dan karya budaya manusia telah mampu menempatkan makna kerja di dalam tatanan kehidupan yang semakin penting.

Inilah daftar artikel kesehatan:

PERJALANAN ROKOK DI INDONESIA

Rokok merupakan benda yang sudah tidak asing di telinga kita. Keberadaannya mudah dijumpai di supermarket, mini market, toko kelontong hingga pedagang asongan. Variannya pun beragam mulai dari rokok linting, kretek, filter maupun rokok elektrik. Namun, tahukan anda bahwa benda kecil yang menyebabkan kecanduan ini ternyata sudah ada dari jaman sebelum Masehi.

BUNGKUS DAN KRETEK: SELINTAS TRADISI DAN BUDAYA TEMBAKAU DI NUSANTARA

Nicotiana tabacum adalah nama latin tanaman yang diduga berasal dari benua Amerika bagian Selatan maupun Utara, dan orang Indonesia menyebutnya tembakau. Sejarah persebaran tembakau di dunia, dimulai ketika penjelajah Cristopher Columbus mendarat di San Salvador. Oleh penduduk asli pulau tersebut, sang penjelajah dihadiahi daun tembakau kering. Akhirnya hadiah tersebut dibuang begitu saja karena tidak bisa dimakan. Saat melanjutkan penjelajahan, mereka menemukan bahwa daun kering tembakau oleh penduduk asli Amerika dimanfaatkan dengan cara dibakar dan asapnya dihirup. Akhirnya daun tembakau kering dibawa sebagai komoditas komersil di kota-kota pelabuhan Spanyol dan Portugis.

BACA JUGA:  Keamanan Lingkungan di Rumah Sakit

AYO CEGAH RESISTEN ANTIBIOTIK!

Antibiotik, kata ini tentu sangat populer bagi orang yang sering sakit flu dan pergi berobat ke fasilitas kesehatan. Dokter selalu bertanya “apakah ada demam?” dan jika pasien jawab “iya”, maka sebagian besar dokter ketika menjelaskan resep obat akan bilang “ini antibiotiknya, minum 3 kali sehari sesudah makan dan jangan lupa habiskan obatnya ya” tak lupa diakhiri senyuman manis kepada pasiennya.

POINT OF VIEW

Definition of point of view:  a position or perspective from which something is considered or evaluated: standpoint (merriam-webster dictionary).

3 M PLUS SATU JAM SETIAP MINGGU UNTUK MENGHINDARI KERUGIAN TRILYUNAN RUPIAH AKIBAT DBD

Hampir semua orang pernah mendengar atau bahkan sudah mengetahui tentang DBD. Penyakit yang disebabkan virus Dengue, ditularkan nyamuk Aedes.  Nyamuk ini hidup disekitar tempat tinggal manusia.

Post Power Syndrome Bagi Pensiunan

Berakhirnya tugas di dalam sebuah kedinasan atau pensiun merupakan hal yang akan dilalui dan dihadapi oleh setiap PNS dalam waktu tertentu. Saat masuk masa pensiun maka semua aktivitas kerja yang telah menjadi rutinitas sebelumnya akan terhenti.

KINERJA PETUGAS MIKROSKOPIS MALARIA DI WILAYAH ENDEMIS MALARIA DI KABUPATEN PANGANDARAN

Target eliminasi malaria di Jawa Barat masih menyisakan 4 Kabupaten, satu diantaranya Kabupaten Pangandaran. Aspek penting eliminasi malaria adalah kemampuan sumber daya mikroskopis malaria.

SURVEI EVALUASI PREVALENSI LYMPHATIC FILARIASIS DI KABUPATEN SUBANG

Kabupaten Subang telah lulus Transmission Assessment Survey (TAS), setelah POPM tahun 2011-2015. Penelitian ini untuk  mengevaluasi program eliminasi filariasis pascaPOPMsampai dengan tercapainya sertifikasi eliminasi filariasis.

Inilah daftar artikel kesehatan:

admin

www.insanitarian.com adalah Situs Nasional Seputar Dunia Kesehatan, Hygiene, Sanitasi, dan Kesehatan Lingkungan (Sumber Inspirasi & Referensi Dunia Kesehatan, Sanitasi Lingkungan, Entomologi, Mikrobiologi Kesehatan, dll.) yang dikelola secara profesional oleh Arda Publishing House. Redaksi dengan senang hati menerima kiriman tulisan ilmiah dengan gaya penulisan secara populer. Panjang tulisan antara 8.000 -10.000 karakter.

Tinggalkan Balasan

error: