Dasar KeslingInfo KesehatanInspirasi SanitarianKesehatan LingkunganOpini

Klinik Sanitasi dan Kesehatan Lingkungan di Puskesmas

Klinik sanitasi dan kesehatan lingkungan adalah dua hal yang saling terkait. Klinik sanitasi merupakan inovatif program promosi kesehatan yang berbasis kesehatan lingkungan. Klinik sanitasi ini bermanfaat untuk menanggulangi penyakit berbasis lingkungan. Kegiatan klinik sanitasi, bisa berupa konseling, kunjungan rumah (home care) dan intervensi kesehatan yang didasarkan atas analisis kesehatan lingkungan.

Oleh: Arda Dinata

In SANITARIAN – Klinik sanitasi, kata positif penuh inovatif. Klinik sanitasi ini merupakan upaya yang mengintegrasikan pelayanan kesehatan promotif, preventif dan kuratif yang difokuskan pada penduduk yang beresiko tinggi. Usaha ini dimaksudkan untuk mengatasi masalah penyakit berbasis lingkungan pemukiman yang dilaksanakan oleh petugas kesehatan bersma-sama dengan masyarakat.

Dengan kata lain, klinik sanitasi merupakan inovatif program promosi kesehatan yang berbasis kesehatan lingkungan. Klinik sanitasi ini bermanfaat untuk menanggulangi penyakit berbasis lingkungan. Kegiatan klinik sanitasi, bisa berupa konseling, kunjungan rumah (home care) dan intervensi kesehatan yang didasarkan atas analisis kesehatan lingkungan.

Inilah usaha pengembangan pelayanan kesehatan yang sangat sesuai dengan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK). Program ini merupakan suatu pendekatan pelayanan kesehatan yang menggali faktor resiko terjadinya penyakit dalam suatu keluarga dan menilai status kesehatan kelurga. Pada ujungnya, usaha ini diwujudkan dalam bentuk Indeks Keluarga Sehat (IKS).

Pelayanan Kesehatan Lingkungan

Pelayanan kesehatan lingkungan merupakan wahana masyarakat untuk mengatasi masalah kesehatan lingkungan dan masalah penyakit berbasis lingkungan. Langkah yang diambil dengan bimbingan, penyuluhan, dan bantuan teknis dari petugas pelayanan kesehatan lingkungan di puskesmas.

Kegiatan pelayanan kesehatan lingkungan di puskesmas, yaitu melakukan monitoring berupa Inspeksi Sanitasi/Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IS/IKL) pada rumah yang terindikasi tidak memenuhi syarat kesehatan di wilayah kerja puskesmas dalam kurun waktu tertentu. Tepatnya, kegiatan pelayanan kesehatan lingkungan itu, berupa:

  • Konseling
  • Inspeksi kesehatan lingkungan
  • Intervensi/tindakan kesehatan lingkungan.
BACA JUGA:  Ekologi Manusia

Pada konteks ini, pelayanan kesehatan lingkungan bila dikaitkan dengan klinik sanitasi ini dapat dilakukan lewat aktivitas wawancara mendalam dan penyuluhan. Tujuan pelayanan seperti ini, tidak lain untuk mengenal masalah lebih rinci yang ada di masyarakat.

Arda Dinata

*Arda Dinata, adalah kolomnis tetap di Sanitarian Indonesia (http://insanitarian.com). Aktivitas hariannya sebagai peneliti, sanitarian, dan penanggungjawab Laboratorium Kesehatan Lingkungan, tinggal di Pangandaran.

3 komentar pada “Klinik Sanitasi dan Kesehatan Lingkungan di Puskesmas

Tinggalkan Balasan

error: