Dasar KeslingInspirasi SanitarianKesehatan LingkunganOpiniPengembangan Profesi

Ketrampilan Bagi Sanitarian

Berikut ini ketrampilan bagi sanitarian yang penting dalam melaksanakan pelayanan sanitasi lingkungan, yaitu meliputi: penyehatan media lingkungan; pengamanan faktor risiko lingkungan; pengendalian faktor risiko lingkungan terhadap vektor dan binatang pembawa penyakit; serta penyelenggaraan sanitasi lingkungan dalam keadaan tertentu.

Oleh: Arda Dinata

In SANITARIAN – Sebelumnya saya telah membahas terkait pondasi kompetensi yang perlu dimiliki Sanitarian lainnya, yaitu Membangun Profesionalitas Luhur Sanitarian; Mawas Diri dan Pengembangan Sanitarian; Kepemimpinan dan Komunikasi Efektif Sanitarian; Pemanfaatan Data dan Informasi Bagi Sanitarian; dan Kemampuan Ilmiah Bagi Sanitarian dalam menjalankan profesinya.

Pedoman itu lahir dengan maksud sebagai pedoman bagi tenaga sanitasi lingkungan dalam memberikan pelayanan sanitasi lingkungan yang terukur, terstandar, dan berkualitas di permukiman, fasilitas pelayanan kesehatan, fasilitas umum, tempat kerja, dan tempat rekreasi.

Menyambung pembahasan tersebut, kali ini saya akan coba bahas terkait pondasi yang keenam, yaitu: Ketrampilan Bagi Sanitarian. Tepatnya, ada ketrampilan yang wajib dimiliki oleh seorang Sanitarian dalam melaksanakan pelayanan sanitasi lingkungan.

Ketrampilan bagi sanitarian dalam melaksanakan pelayanan sanitasi lingkungan tersebut, meliputi: penyehatan media lingkungan; pengamanan faktor risiko lingkungan; pengendalian faktor risiko lingkungan terhadap vektor dan binatang pembawa penyakit; serta penyelenggaraan sanitasi lingkungan dalam keadaan tertentu.

Ketrampilan Lulusan Sanitarian

Lulusan tenaga sanitasi lingkungan (Sanitarian) itu harus mampu dalam empat hal. Berikut ini ketrampilan yang harus dimiliki oleh lulusan tenaga sanitasi lingkungan, yaitu:

  1. Melaksanakan penyehatan media lingkungan, yang meliputi upaya pencegahan penurunan kualitas media lingkungan dan upaya peningkatan kualitas meda lingkungan (air, udara, tanah, pangan, serta sarana dan bangunan).
  2. Melaksanakan pengamanan faktor risiko lingkungan yang meliputi upaya perlindungan terhadap kesehatan masyarakat dari dampak faktor risiko lingkungan.
  3. Melaksanakan pengendalian faktor risiko lingkungan terhadap vektor dan binatang pembawa penyakit untuk mencegah terjadinya penularan penyakit dan/atau gangguan kesehatan.
  4. Menyelenggarakan sanitasi lingkungan dalam kondisi tertentu, yaitu matra dan ancaman global perubahan iklim.

Itulah kompetensi Sanitarian yang keenam dari tujuh area kompetensi yang harus dibangun dan dimiliki oleh seorang Sanitarian dalam menjalankan profesinya. Sebelumnya saya telah membahas terkait pondasi kompetensi yang perlu dimiliki Sanitarian, yaitu Membangun Profesionalitas Luhur Sanitarian; Mawas Diri dan Pengembangan Sanitarian; Kepemimpinan dan Komunikasi Efektif Sanitarian; Pemanfaatan Data dan Informasi Bagi Sanitarian; dan Kemampuan Ilmiah Bagi Sanitarian dalam menjalankan profesinya.

BACA JUGA:  Point of View

Semoga informasi kompetensi Sanitarian yang keenam, yaitu: Ketrampilan Bagi Sanitarian ini dapat bermanfaat. Lewat bahasan ini, diharapkan akan menambah motivasi para Sanitarian untuk terus belajar terkait ketrampilan yang harus dimiliki dan dilatih dalam melaksanakan pelayanan sanitasi lingkungan untuk menunjang kesuksesan pekerjaan sebagai Sanitarian.

Lewat media In SANITARIAN INDONESIA ini,, saya berusaha terus berbagi keilmuan yang akan meningkatkan ketrampilan terkait: penyehatan media lingkungan; pengamanan faktor risiko lingkungan; pengendalian faktor risiko lingkungan terhadap vektor dan binatang pembawa penyakit; serta penyelenggaraan sanitasi lingkungan dalam keadaan tertentu.

Beberapa sudah saya tulis untuk Anda, diantaranya: Penyelenggaraan Kesehatan Lingkungan, Penyehatan Media Lingkungan, Manajemen Penanggulangan Penyakit Bersumber Nyamuk, Pentingnya Inspeksi Pangan Berbasis Risiko, Standar Kompetensi Sanitarian dan Media Lingkungan, Sanitarian dan Kesehatan Lingkungan,, dan lainnya. Silahkan teman-teman rutin kunjungi website ini, jangan sampai ketinggalan ya!

Arda Dinata

*Arda Dinata, adalah kolomnis tetap di Sanitarian Indonesia (http://insanitarian.com). Aktivitas hariannya sebagai peneliti, sanitarian, dan penanggungjawab Laboratorium Kesehatan Lingkungan, tinggal di Pangandaran.

One thought on “Ketrampilan Bagi Sanitarian

Tinggalkan Balasan

error: